Selasa, 01 November 2016

10 Shortcut Keyboard yang Semua Orang Harus Tahu!

Menggunakan Shortcut pada Keyboard dapat meningkatkan efisiensi anda ketika sedang mengetik/mengerjakan sesuatu. Namun, tidak semua Shortcut Keyboard dapat dihapal oleh semua orang. Berikut ini akan kami berikan kesepuluh shortcut keyboard yang mudah diingat dan memiliki fungsi yang paling sering digunakan.


1.Ctrl + C atau Ctrl + Insert atau Ctrl + X
Tentu bagi anda yang malas mencari sumber informasi dari buku, lalu kemudian mengetikannya Google merupakan solusi yang paling ampuh untuk mengatasi kemalasan ini. Tentu caranya adalah dengan mengcopy sebuah artikel kemudian memindahkannya ke dalam file/dokumen anda. Namun, terkadang anda mungkin malas memegang mouse (Apalagi mouse laptop) sehingga lebih enak jika dapat menggunakan keyboard. Adapun Shortcut Keyboard yang digunakan untuk Mengcopy adalah Ctrl + C atau Ctrl + Insert. Selain itu jika anda ingin memindahkan sebuah text dari satu dokumen ke dokumen lain tanpa mencopy (Alias memindahkan) maka shortcut Keyboardnya adalah Ctrl + X (Cut)

2.Ctrl + V atau Shift + Insert
Setelah anda mencopy tentu anda ingin menaruhnya didokumen milik anda bukan? Shortcut Keyboard yang berfungsi untuk melakukan hal tersebut adalah Ctrl + V atau Shift + Insert.

3.Ctrl + Z dan Ctrl + Y
Terkadang ketika melakukan penghapusan teks, kita menghapus teks yang salah yang menyebabkan teks tersebut hilang. Nah, bagi anda yang malas untuk mengetik kembali isi teks tersebut, maka ada cara mudah yaitu dengan mengembalikannya (Undo). Shortcut Keyboard yang bertugas untuk melakukan ini adalah Ctrl + Z. Selain itu, terkadang ketika menghapus teks, namun ternyata kita tidak ingin jadi menghapusnya, maka ada cara cepat yang dapat anda lakukan yaitu mengembalikan seperti semula (Redo). Shortcut Keyboard yang bertugas melakukan ini adalah Ctrl + Y

4.Ctrl + F
Saat kita hendak mencari sesuatu (misal suatu kata) dalam sebuah teks di halaman web, terkadang kita merasa kesusahan untuk mencarinya. Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan fitur Find. Dan ada cara cepat untuk membuka fitur ini, yaitu dengan shortcut keyboard Ctrl + F

5.Alt + Tab atau Ctrl +Tab
Jika anda ingin berpindah program aplikasi, misal dari Browser ke pemutar lagu, namun anda malas untuk memegang mouse, ternyata ada cara mudah yaitu dengan menekan Alt + Tab pada keyboard anda. Anda hanya perlu menahan tombol tab kemudian tekan Alt untuk berpindah program yang anda gunakan. Sedangkan jika anda sedang membuka 2 tab browser bersamaan, kemudian anda ingin berpindah tab namun malas memegang mouse, ada cara mudah yaitu dengan menggunakan shortcut Keyboard Ctrl + Tab. Dengan Shortcut ini anda dapat berpindah laman browser tanpa harus memegang mouse.

6.Ctrl + Backspace dan Ctrl + Panah Kiri atau Kanan
Jika anda ingin berpindah dari satu kata ke satu kata sebelum atau setelahnya (bukan satu huruf) anda dapat menggunakan Ctrl + Panah Kanan atau Kiri. Selain itu jika anda ingin melakukan blok pada satu kata (bukan satu huruf) cukup tambahkan tombol shift menjadi Ctrl + Shift + Panah Kanan atau Kiri.

Kemudian bagi anda yang ingin langsung menghapus satu kata (bukan satu huruf) maka anda tinggal menekan tombol Ctrl + Backspace.

7.Ctrl + S
Bagi anda yang malas menggunakan cara manual untuk mengsave dokumen, maka ada cara cepatnya menggunakan tombol keyboard yaitu dengan menekan tombol Ctrl + S.

8.Ctrl + Home atau Ctrl + End
Ketika membuat dokumen, kemudian anda ingin langsung berpindah ke bagian yang paling atas, ada cara mudah tanpa harus melakukan scroll menggunakan mouse yaitu dengan menekan tombol Ctrl + Home. Sedangkan jika ketika anda ingin langsung mencapai akhir teks, maka anda dapat menggunakan tombol Ctrl + End.

9.Ctrl + P
Anda malas membuka fitur Print atau Print Preview secara manual. Tenang saja, anda dapat membukannya dengan cepat hanya menggunakan tombol Ctrl + P. Maka dengan sekejap, fitur print atau print preview akan terbuka dengan segera.

10.Page Up, Page Down, dan Spasi
Dengan menekan tombol Page Up, maka anda dapat dengan cepat berpindah ke atas suatu halaman, sedangkan jika menggunakan tombol Page Down maka akan terjadi sebaliknya yaitu kebawah halaman. Jika anda sedang menggunakan browser, maka tombol spasi juga akan membawa anda ke bagian paling bawah halaman.

Nah, itu tadi beberapa shortcut keyboard paling populer, mudah diingat, dan besar fungsinya. Semoga dengan adanya artikel ini para pembaca sekalian dapat mengingat beberapa shortcut keyboard yang sering digunakan. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar