Rabu, 10 Agustus 2016

Cara Mengatur Web Browser Default di Komputer

Jika anda sering membuka file dalam format HTML,maka ketika anda mengklik file tersebut,secara otomatis akan terbuka pada browser default yang anda miliki. Terkadang,satu komputer memiliki banyak browser bisa dua,atau lebih. Ketika anda mengklik file HTML tersebut pada komputer yang memiliki dua atau lebih browser maka browser yang otomatis terbuka adalah browser yang sudah di setting sebagai default. Namun,tidak semua orang suka dengan browser yang sudah di setting default misal seperti Internet Explorer. Padahal anda mempunyai Mozilla Firefox,namun yang menjadi browser default adalah Internet Explorer. Untuk mengatasinya,maka anda hanya perlu untuk mengubah setinggan browser default milik anda. Berikut ini adalah cara untuk mengubah settingan browser default dikomputer anda.


A.Mozilla Firefox
Mozilla Firefox merupakan salah satu browser yang disenangi oleh para pengguna komputer. Hal ini dikarenakan,Mozilla Firefox sangat cepat tanggap dalam mengeksekusi perintah dan juga ringan saat digunakan. Hal ini menjadikan Mozilla Firefox sebagai salah satu browser yang paling sering dijadikan sebagai default browser. Berikut ini adalah cara untuk membuat Mozilla Firefox menjadi browser default anda :

1.Buka aplikasi browser Mozilla Firefox milik anda

2.Pada umumnya,akan muncul pemberitahuan bahwa browser Mozilla Firefox anda bukan default browser,seperti gambar dibawah ini

Jika pemberitahuan muncul,maka yang anda harus lakukan hanyalah mengklik tombol "Use Firefox as my default browser"

3.Jika pemberitahuan tidak muncul,maka yang harus anda lakukan adalah melihat pojok kanan atas,dimana terdapat 3 buah garis tebal. Klik 3 buah garis tebal tersebut

Kemudian akan muncul berbagai macam pilihan menu. Pilih menu options jika anda ingin menjadikan browser Mozilla Firefox anda sebagai default browser.

4.Setelah anda mengklik menu option tadi,maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini :

Pada bagian "Startup" akan diberitahukan apakah Mozilla Firefox merupakan browser default anda atau tidak. Jika tidak maka disebelahnya akan ada sebuah tombol "Make Default". Klik tombol tersebut,dan selamat Mozilla Firefox telah menjadi default browser di komputer anda.

B.Google Chrome
Selain Mozilla Firefox,Google Chrome juga menjadi primadona sendiri bagi para pengguna browser. Selain ringan,desain dari Google Chrome juga sangat simple sehingga sangat mudah untuk digunakan. Untuk membuat Google Chrome sebagai browser default anda,berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1.Buka Aplikasi Browser Google Chrome milik anda

2.Jika Browser Google Chrome anda tidak berada dalam posisi default,maka secara otomatis Browser Google Chrome anda akan memberikan pemberitahuan bahwa posisi browser google chrome anda tidak dalam keadaan default. Biasanya akan muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah ini

Jika pemberitahuan muncul,maka anda tinggal klik "Set as default",maka Google Chrome anda akan secara otomatis menjadi browser default anda.

3.Jika pemberitahuan tidak muncul,maka yang perlu anda lakukan adalah melihat ke arah pojok kanan atas,dimana terdapat 3 buah garis tebal. Klik 3 buah garis tebal tersebut

Kemudian akan muncul berbagai menu. Klik settings.

4.Setelah anda mengklik settings,maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini

Pada bagian "Default browser",klik tombol Make Google Chrome the default browser. Dan selamat anda telah berhasil membuat Google Chrome anda menjadi default browser.

C.Internet Explorer
Walaupun Internet Explorer tidak disukai banyak orang karena berat dan keamanan yang kurang baik. Namun,saya akan memberikan cara untuk membuat Internet Explorer sebagai browser default bagi anda pecinta Internet Explorer. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1.Buka aplikasi browser Internet Explorer

2. Pada umumnya,jika Internet Explorer anda bukan default browser,maka akan muncul pemberitahuan dibagian bawah jendela bahwa Internet Explorer anda bukan default browser,seperti pada gambar dibawah ini :

Langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah tinggal mengklik tombol Yes,dan otomatis Internet Explorer anda akan menjadi default browser.

3.Jika tidak terdapat pemberitahuan,maka anda dapat melihat sudut kanan atas dimana terdapat roda gerigi. Klik roda gerigi tersebut.

Kemudian akan muncul berbagai macam menu. Pilih Internet option jika anda ingin mengubah pengaturan default browser.

4.Setelah anda klik Internet option,maka akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini

Pilih bagian programs,maka akan ada menu "Default Web Browser" lalu ada tombol Make Default di bagian tersebut. Klik tombol Make Default tadi,dan selamat Internet Explorer anda telah menjadi default browser.

Nah,itu tadi penjelasan mengenai bagaimana cara mengatur web browser default di komputer. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu pembaca sekalian agar dapat mengetahui bagaimana cara untuk membuat sebuah browser menjadi default browser. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini dan jangan lupa nantikan juga artikel kami yang menarik dan bermanfaat selanjutnya :D

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar